Menginstal Ubuntu 12.04 pada Netbook

Menginstal Ubuntu 12.04 pada Netbook


Ubuntu 12.04 sudah keluar! Dari review yang aku baca, sepertinya versi ini lebih stabil dari versi-versi sebelumnya. Aku berharap ada peningkatan di sisi Unity sehingga lebih padu dan tentu saja lebih gegas. Aku menunggu versi yang tepat sebelum mengganti Windows 7 di netbook merek HP milikku. Jadi aku pikir ini adalah waktu yang tepat. Semoga.

Untuk proses instalasi aku memilih menggunakan jalur instal melalui USB flashdisk. Hal ini aku tempuh mengingat netbook HPku tidak dilengkapi dengan drive CD/DVD seperti umumnya netbook yang berada dipasaran. Berikut ini langkah-langkah yang aku tempuh: 
1. Download file installer Ubuntu 12.04 disini. Ukuran file download untuk versi CD yang aku download berkisar  701 MB
2. 
  1. Sebagai file pendukung proses instalasi, aku juga mengunduh Universal USB installer dari pendrivelinux.com. Kita butuh file ini untuk membuat bootable flashdisk yang nantinya akan berisi file installer Ubuntu yang siap instal
  2. Setelah file installer Ubuntu 12.04 selesai di download, siapkan flashdisk dengan ruang kosong minimal 4 GB sebagai tempat penyimpanan installer Ubuntu.
  3. Untuk membuat flashdisk menjadi bootable lengkap dengan installer Ubuntu, silahkan ikuti langkah-langkahnya disini.
  4. Setelah flashdish bootable selesai dibuat, langkah berikutnya adalah menginstal Ubuntu 12.04 ke netbook. Sebelum proses ini dimulai, sebaiknya file-file penting di drive C (utamanya di Libraries) sudah dipindahkan ke tempat yang aman.
  5. Colokkan flashdisk yang telah berisi installer USB ke salah satu port USB yang tersedia.
  6. Saatnya booting dari flashdisk. Dari netbook HP, untuk booting ke flashdisk cukup mudah. Saat proses booting, tekan tombol ESC untuk masuk ke pilihan booting. Akan terlihat pilihan untuk booting dari Flashdisk. Biasanya merek flashdisk yang tercolok ke port akan muncul. Dengan menggunakan tombol panah atas-bawah, sorot pilihan untuk booting dari Flashdisk tersebut. Lalu tekan Enter.
  7. Tunggu beberapa saat hingga muncul layar awal instalasi Ubuntu.
  8. Nah, sampai disini aku tinggal mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan secara gamblang di website Ubuntu. Anda bisa lihat disini.
Sebagai catatan, untuk partisi aku memilih 'Something Else'  ketimbang 'Erase disk and install Ubuntu' karena aku ingin memiliki kendali penuh terhadap pengaturan ukuran partisi boot dan swap secara penuh.

Proses instalasi sendiri memakan waktu sekitar 20 menit terhitung dari awal booting hingga Ubuntu telah terinstal secara lengkap. 

Sumber: http://www.bloghery.info/2012/05/menginstal-ubuntu-1204-pada-netbook-hp.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Jejak Anda dengan Berkomentar di Blog ini
Mari Saling membangun dan saran anda sangatlah bermanfaat
Terima Kasih Atas Kunjungan dan Masukannya